12 Khasiat Dan Manfaat Kunyit Untuk Bahan Ramuan Obat-obatan

kesehatan

Kandungan kunyit adalah kurkumin dan minyak atsiri yang berfungsi untuk pengobatan hepatisis, antioksidan, gangguan pencernaan, anti mikroba, antikoleterol, anti HIV, anti tumor, (Menginduksi apostosis), Menghambat perkembangan sel tumor payudara, menghambat ploriferasi sel tumor pada usus besar, anti invasi, anti rheumatoid arthritis (Rematk), diabetes melitus, tifus, usus buntu, disentri, sakit keputihan, haid tidak lancar, perut mulas saat haid, memperlancar ASI, amandel, berak lendir, morbili, cangkrang (Waterproken). Kunyit mempunyai prospek yang cerah pada sektor industri hilir dalam berbagai bentuk seperti, ekstrak, minyak pati, makanan dan minuman, kosmetik, produk farmasi dan yang lainya.

 Khasiat Dan Manfaat Kunyit Untuk Bahan Ramuan Obat-obatan

Tumbuhan kunyityang terutama pada rimpangnya mengandung sejumlah unsur kimia yang cukup baik untuk kesehatan, Rimpang kunyit telah lama digunakan sebagai salah satu bahan bahan ramuan Obat-obatan untuk mengatasi sejumlah masalah pada tubuh kita baik yang di sebabkan oleh penyakit atau gangguan yang lain.Berikut di bawah ini adalah beberapa jenis penyakit yang bisa diatasi dengan mafaatnya rimpang kunyit sebagai bahan ramuan Obat-obatan.

1. Manfaat Ramuan Kunyit Untuk Mengatasi Tekanan Darah Tinggi :  Bahan : 50 gram daunpegagan, 300 cc madu, 3 ibu jari kulit segar 500 cc air. Cara pembuatanya : Potong tipis kunyit dan pegagan, kemudian rebus dalam air 500 cc sampai tersisa 150 cc, saring dan diamkan hingga hangat, Lalu tambahkan madu kedalam air ramuan sedikit demi sedikit sambil diaduk. Aturan pakai : Minum 3 kali sehari sebanyak 1 sendok makan.

2. Manfaat Kunyit Untuk Mengatasi Demam : Rimpang kunyit segar 20 gram diparut, kemudian tambahkan 100 ml air matang hangat, lalu diaduk, Seterusnya peras dengan menggunakan kain. Aturan pakai : Air perasan kunyit diminum 2 kali sehari.

3. Manfaat Kunyit Dalam Mengatasi Bau Badan :Rimpang kunyit seukuran 2 ibu jari di parut, Lalu dicampurkan kedalam 2/3 air matang yang telah di tambahkan gula aren sebelumnya. Kemudian aduk hingga rata, Saring lalu minum. Aturan pakai : Minum ramuan tersebut 1 kali sehari sebelum tidur.

4. Manfaat Kunyit Untuk Mengobati Gatal Karena Cacar Air : Rimpang kunyit 1 potong tambah daun asam 1 genggam, Lalu cuci bersih keduanya, Kemudian blendeer hingga halus, dan gunakan sebagai obat luar dengan cara mengoleskanya pada bagian kulit yang gatal. Aturan pakai : Lakukan 3 kali sehari.

5. Manfaat Ramuan Kunyit Untuk Mengobati Penyakit Malaria : Bahan : Rimpang kunyit 3 gram, kulit pule 15 gram, tamulawak 20 gram, kayu cendana 5 gram, kulit pohon keningar 5 gram, daun jering antan 6 gram, minyak kayu putih 6 tetes, air 500 cc. Cara pembuatan ramuan : Haluskan rimpang kunyit, kayu cendana, dan kulit pohon pule, Lalu masukkan kedalam air, Dan masukkan semua bahan kedalam air, kemudian rebus hingga mendidih. Aturan Pakai : Minum ramuan 3 kali sehari.

6. Manfaat Kunyit Untuk Obat Diare : Bahan Ramuan : 1/2 jari rimpang kunyit, 1/2 rasuk angina, 3 biji ketumbar, buah kayu ules 1 bh, 1 helai daun tawas. Cara Pembuatanya : Campur semua bahan dan tambahkan air 115 ml, Kemudian rebus hingga mendidih, lalu disaring. Aturan Pakai : Minum ramuan 2 kali sehari, Pagi dan sore 100 ml.

7. Manfaat Kunyit Dalam Mengembalikan Stamina Tubuh : Bahan Ramuan : 1 sendok makan air perasan kunyit, telur ayam kampung 1 butir, madu 1 sdm, air perasan jeruk nipis 1 sdm, Dan lada secukupnya. Cara pembuatan ramuan : Campur semua bahan kecuali lada, kocok hingga ramuan tercampur rata, dan tambahkan lada secukupnya. Aturan pakai : Minum ramuan 3 kali sehari.

8. Manfaat Kunyit Sebagai Obat Borok : Rimpang kunyit seukuran ibu jari di parut, Dan tambahkan air kapur sirih 1 sendok teh, juga tambahkan air perasan dari 1 buah jeruk nipis, Lalu aduk hingga rata. Aturan Pakai : Untuk obat luar, oleskan pada bagian tubuh yang tumbuh borok.

9. Manfaat Ramuan Kunyit Untuk Mengatasi Keputihan : 15 gram rimpang kunyit yang telah tua di kupas, Lalu di parut, Dan tambahkan 150 ml air asam, dan gula jawa, Lalu aduk hingga rata, Kemudian saring dengan menggunakan kain. Aturan Pakai : Minum ramuan 1-2 kali sehari.

10. Manfaat Kunyit Untuk Mengatasi Radang Gusi : Rimpang kunyit 1/2 ibu jari dan gambir 3 potong, Keduanya di iris halus, Kemudian rebus dengan 2 gelas air hingga tersisa 1 gelas. Aturan Pakai : Untuk berkumur, Lakukan 3-4 kali sehari.

11. Manfaat Ramuan Kunyit Untuk Mengatasi Telat Datang Bulan (Khusus Untuk Wanita) : Bahan Ramuan : Kunyit dan daun sigading 15 gram, kapulaga dan biji pala 10 gram, ketumbar, cengkeh, dan intan hitam 5 gram. Cara Pembuatan Ramuan : Rebus semua bahan kedalam air 3 gelas hingga tersisa 1 gelas, Kemudian di saring. Aturan Pakai : Minum ramuan 3 kali sehari sebanyak 1/3 gelas.

12. Manfaat Ramuan Kunyit Untuk Kesehatan Kulit : Bahan Ramuan : Rimpang kunyit segar 100 gram, Air perasan jeruk nipis 100 ml, 1 1/2 sendok makan madu, air secukupnya. Cara Pembuatan Ramuan : Haluskan kunyit dan tambahkan madu juga air jeruk nipis, tambahkan air secukupnya. Aturan Pakai Minum ramuan secara teratur.

Sekian terimakasih karena anda telah menyimak dan membaca artikel 20 Manfaat Kunyit Untuk Tubuh Manusia Tersebut, semoga banyak manfaatnya untuk anda tentunya pengunjung saya http://sabdaalamnusantara.blogspot.com/2013/10/khasiat-dan-manfaat-kunyit-untuk-bahan.html

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*