20 Makanan Sehat Yang bermanfaat Meningkatkan Fungsi Otak

kesehatan

Otak adalah struktur pusat pengaturan yang memiliki volume sekitar (1.350 cc) Dan terdiri atas (100 juta sel saraf atau neuron). Otak mengatur dan mengkordinir sebagian besar, gerakan, perilaku dan fungsi tubuh homeostasis seperti detak jantung. Tekanan darah, Keseimbangan cairan tubuh dan dan sushu tubuh. Otak manusia bertanggung jawab terhadap pengaturan seluruh badan dan pemikiran manusia. Oleh karena itu terdapat kaitan erat antara otak dan pemikiran. Otak dan sel saraf di dalamnya di percayai dapat memengaruhi kognisi manusia. Pengetahuan mengenai otak memengaruhi perkembangan psikologi kognitif, Otak juga bertanggung jawab atas fungsi seperti pengenalan, emosi, pembelajaran motorik dan segala bentuk pembelajaran yang lainya.

Otak terbentuk dari 2 jenis sel : (Glia dan Neuron). Glia berfungsi untuk menunjang dan melindungi neuron. Sedangkan neuron membawa imformasi dalam bentuk pulsa listrik yang di kenal sebagai potensi aksi. Mereka berkomunikasi dengan neuron yang lain dan keseluruh tubuh dengan mengirimkan berbagai macam bahan kimia yang di sebut (neurotransmiter). neurotransmiter ini di kirimkan pada celah yang di kenal sebagai (sinapsis). Avertebrata seperti serangga mungkin mempunyai jutaan neuron pada otaknya. Vertebrata besar bisa mempunyai hingga seratus miliar Neuron.

 20 Makanan Sehat Yang bermanfaat Meningkatkan Fungsi Otak

Neuron otak mengandung 2 jenis asam lemak PUFA, Yaitu asam arakidonat dan asam dokosaheksaenoat (DHA) Yang terletak pada posisi sn2 dari molekul fosfogliserida dalam membran sel neuron. PUFA dapat terlepas dari fosfogliserida oleh stimulasi fosfolipase PLA-2 molekul AA yang terlepas akan di proses oleh enzim siklo oksigenase menjadi prostaglandin dan tromboksana, Atau di proses oleh enzim 5-lipo oksigenase menjadi lipoksin. Baik AA maupun DHA dapat di proses oleh enzim lipo oksigenase guna membentuk senyawa turunan hidroksi dan leukotriena. Berikut di bawah ini 20 makanan yang dapat membantu untuk kesehatan otak hingga meningkatkan fungsi otak :

1. Biji Bunga Matahari : Biji bunga matahari kaya akan vitamin E yang merupakan nutrien penting yang membantu mengurangi kehilangan ingatan.

2. Yogurt : Yogurt adalah makanan yang kaya kalsium yang membantu meningkatkan fungsi saraf. Yogurt juga mengandung asam amino yang di sebut tyrosine yang juga bermanfaat untuk meningkatkan fungsi otak.

3. Tomat : Tomat mengandung lycopene yang merupakan antioksidan yang menangkal kerusakan radikal bebas pada Sel-sel otak yang dapat menyebabkan penyakit Alzheimer.

4. Cokelat : Cokelat mengandung atioksidan dan mengandung stimulant alami yang dapat meningkatkan konsentrasi dan fokus. Cokelat yang bernilai gizi yang baik memiliki kadar kakao lebih dari 60% yang bisa di sebut Cokelat hitam (dark chocolate).

5. Terong : Kulit terong mengandung zat gizi yang di sebut nasunin yang membantu menjaga otak tetap tajam dengan meningkatkan kemampuan komunikasi antara Sel-sel otak.

6. Strawberi : Strawberi (Strawberry) Mengandung antioksidan yang mencegah kerusakan syaraf (neurologik) yang berkaitan dengan usia dengan meningkatkan kemampuan Sel-sel otak mengirim dan menerima sinyal komunikasi antar sel.

7. Kedelai : Kedelai memiliki manfaat penuh dari protein, yang mentrigger neurotrasmitter Sel-sel otak sehingga meningkatkan kemampuan memori.

8. Wortel : Wortel kaya akan vitamin B dan vitamin C serta betakaroten yang memperlambat Tanda-tanda penuaan dan dikaitkan dengan peningkatan kemampuan memori dan fungsi otak.

9. Anggur : Anggur hitam, anggur merah, dan anggur ungu, semuanya mengandung quercetin dan anthocyanin, Senyawa-senyawa yang diketahui membantu dan memperkuat memori (Daya ingat).

10. Apel :  Apel kaya akan zat yang di sebut quercetin, Suatu antioksidan yang terbukti melindungi otak terhadap penyakit Alzheimer. Apel juga terbukti menurunkan resiko terhadap beberapa jenis kanker.

11. Kacang Merah : Kacang merah dapat meningkatkan kemampuan kognitif otak karena kaya vitamin B yang bermanfaat untuk membantu fungsi kognitif otak.

12. Ubi Jalar : Ubi jalar kaya akan karbohidrat, Vitamin B6, Dan antioksidan yang sangat bermanfaat untuk kesehatan otak, Karena membantu membersihkan darah dan menjaga aliran darah yang sehat.

13. Almond : Almond mengandung asam lemak omega-3 dan kaya antioksidan yang menyehatkan otak.

14. Ikan Salmon : Ikan salmon merupakan sumber asam lemak yang memadai, asam lemak omega-3 ini esensial untuk perkembangan otak dan banyak terdapat di otak. Asam lemak esensial tidak di hasilkan oleh tubuh dan harus di peroleh dari makanan.

15. Bluberi : (Blueberry) bluberi mengandung antioksidan, kaya vitamin C, dan serat makanan (dietaryfiber). sejauh ini bluberi dianggap makanan terbaik untuk kesehatan otak karena meningkatkan kekuatan sinyal neuron. Dan melindungi otak terhadap stress oksidatif (oxidative stress) dan mengurangi efek berkurangnya kemampuan memori karena usia seperti pada penyakit Demensia.

16. Teh Hijau : Teh hijau mengandung polifenol, khususnya flavonoid yang mencegah gangguan syaraf, Flavonoid mengurangi produksi protein yang dapat menyebabkan plak (Karang) di otak pada penderita Alzheimer.

17. Telur : Telur merupakan sumber protein dan nutrien (zat gizi) yang memadai, Khususnya choline yang merupakan vitamin B kompleks. Choline yang terdapat pada kuning telur berperan dalam menghasilkan neurotransmitter dalam otak yang membantu mengatur mood, kelakuan, memori (ingatan), Dan kemampuan kognitif (Kemampuan memahami).

18. Alpukat : Alpukat mengandung lemak tak jenuh tunggal (monounsaturated fat) Salah satu jenis lemak sehat yang di butuhkan otak. Lemak tak jenuh tunggal membantu aliran darah yang normal, menurunkan tekanan darah, dan mencegah stroke.

19. Makanan Bulir Utuh (Whole Grain) : Bulir utuh seperti beras merah, oatmeal, dan bahan makan produk yang disebut dengan tepung 100% gandum utuh dapat meningkatkan aliran darah yang membantu memberikan oksigen dan nutrisi yang cukup pada otak untuk dapat bekerja dengan baik.

20. Sayuran Daun Hijau Tua : Sayuran daun hijau tua seperti, brokoli, kubis, bunga kol, dan bayam kaya akan vitamin B6, vitamin B12, dan folat yang merupakan zat gizi yang diperlukan untuk kesehatan otak. Sayur-sayuran tersebut juga mengandung zat besi yang berperan mengurangi stress oksidatif.

Sekian terimakasih karena anda telah menyimak dan membaca artikel 20 Makanan Sehat Yang bermanfaat Meningkatkan Fungsi Otak Tersebut, semoga banyak manfaatnya untuk anda tentunya pengunjung saya http://sabdaalamnusantara.blogspot.com/2013/10/20-makanan-sehat-yang-bermanfaat.html

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*