Cara (Tips) Terbaik Mengatasi Rambut Rontok Secara Alami

Tips / Cara Mudah

Ada beberapa penyebab terjadinya kerontokan rambut, Misalnya kerontokan telogen, Atau kerontokan yang terjadi pada fase istirahat rambut. Sejatinya di setiap helai rambut di kepala memiliki fase tumbuh (Anagen) 2-6 tahun lamanya. Selama waktu hidupnya, Rambut juga mengalami fase istirahat (Telogen), Dan fase rontok. Rambut yang berada dalam fase istirahat natinya akan rontok setelah 2 atau 3 bulan, Setelah itu berubah tumbuh rambut yang baru kembali.

Kerontokan telogen adalah kerontokan yang paling banyak dialami dan dikeluhkan oleh banyak orang, Yang biasanya di tandai dengan penipisan rambut secara keseluruhan, Dan bukan kebotakan. Namun sejalan dengan waktu, Biasanya rambut akan tumbuh kembali normal. Penyebab kerontokan telogen cukup beragam, Baik internal maupun eksternal. Perubahan hormonal seperti pada saat kehamilan atau pemakaian Obat-obatan tertentu dapat meningkatkan jumlah rambut masuk ke fase istirahat, Kemudian rontok. Penyakit tertentu seperti Anemia, Demam atau Tipus juga menjadi pencetus kerontokan tipe ini. Faktor-faktor yang lain juga ikut andil adalah gaya hidup, Misalnya faktor lingkungan dan pemakaian Alat-alat (Styling rambut).

 Cara (Tips) Terbaik Mengatasi Rambut Rontok Secara Alami

Tipe kerontokan yang lain yaitu rontok anagen, Berbeda dengan rontok telogen, Rontok anagen justru terjadi pada saat rambut berada dalam fase tumbuh. Kerontokan ini terjadi secara Tiba-tiba sebagai akibat kemoterapi atau perawatan dengan menggunakan radiasi. Selain itu Paparan beberapa jenis bahan kimia seperti (Thallium) Dan (Arsenik) Juga dapat menyebabkan kerontokan yang Tiba-tiba seperti ini. Rontok anagen biasanya terjadi 1-3 minggu setelah tumbuh terpapar kemoterapi atau bahan kimia. Namun kondisi seperti inipun bersifat sementara, Usai perawatanya dihentikan, Dan rambut akan Berangsur-angsur tumbuh normal kembali.

Tipe yang kerontokan yang lain adalah kerontokan genetika, Atau disebut juga dengan (Androgenetic alopecia) yang berkaitan serat dengan kadar hormone dalam tubuh dan faktor genetik. (Androgenetic alopecia) memang lebih banyak dialami oleh Pria dibandingkan Wanita. Karena kadar hormon (Testoteron) Pria lebih banyak dari pada wanita. Namun pola kerontokanya biasanya berbeda, Pada Wanita, Kerontokan jenis ini yang biasanya pada umumnya terjadi di sisi atas dan samping kepala. Yang tampak seperti pohon cemara. Sedangkan pada Pria, Yang biasanya berupa kebotakan di sisi depan kepala. Karena genetika, Kerontokan jenis seperti ini memang sulit dihindari apabila secara genetis memang terdapat pola kebotakan. Namun bukan berarti tidak bisa kita atasi. Dengan pengobatan yang dapat melalu dokter atau secara alami. Kerontokan bisa anda atasi dan setidaknya Diminimalisir.

Nh berikut ini saya sengaja share untuk anda cara terbaik mengatasi ranbut anda yang rontok secara alami. Rambut yang indah lebat dan kuat dan mudah diatur tentunya telah menjadi dambaan setiap orang, Tetapi bagai manakah caranya juka rambut anda mungkin sekarang mengalami atau bermasalah seperti kusam, kering dan Rontok. Anda tidak perlu cemas, karena banyak cara perawatan rambut yang akan membantu anda memiliki rambut yang hitam lebat kuat dan indah mudah diatur.

Berikut di bawah ini ada beberapa cara (Tips) mengatasi rambut yang rontok, kering dan kusam.

1. Cara mencegah rambut rontok dengan lidah buaya : Lidah buaya atau yang di sebut juga dengan aloevera yang memiliki kandungan vitamin dan mineral, Yang berguna untuk menyuburkan dan menebalkan rambut. Cara pemakaianya : Anda bisa mengambil lidah buaya dengan cara memotong dengan 2 bagian untuk diambil lendirnya, Kemudian usapkan pada rambut yang masih setengah kering sambil Dipijit-pijit. Lalu diamkan selama 15 menit, Kemudian bilas hingga bersih.

2. Cara mencegah rambut rontok dengan daun seledri : Daun seledri ternyata juga meniliki beberapa kandungan yang bermfaat untuk rambut, Diantaranya, kalsium, zat besi, natrium, vitamin A dan B. Daun seledri mampu menstimulasi pertumbuhan rambut agar lebih sehat kuat dan berkilau. Cara pemakaianya : Ambil beberapa batang daun seledri, lalu bersihkan dan blender dengan telur yang telah di kocok, Setelah semua bahan telah di blender dan bercampur rata, Oleskan secara perlahan pada rambut sambil Dipijit-pijit lembut. Kemudian diamkan selama 20-30 menit lalu bilas bersih.

3. Cara mencegah rambut rontok dengan minyak zaitun dan minyak kelapa : Minyak alami dipanaskan, seperti zaitun, kelapa atau canola. Pijatkan dengan lembut minyak minyak yang hangat tersebut di kulit kepala, Kemudian tutup kepala dengan shower cap dan biarkan selama 1 jam, Lalu bilas rambut hingga bersih.

4. Cara mencegah rambut rontok dengan bawang merah : Khasit untuk mencegah rambut yang rontok, caranya : Cukup dengan memakan bawang merah, Bisa juga memakan bawang merah yang telah menjadi car, Cara ini juga membantu agar rambut tidak cepat rontok. Terkadang bagi kita tidak kuat memakan bawang merah baunya bawang merah tersebut, Hal seperti ini bisa dihindari dengan mengolesi kulit kepala dengan perasan bawang merah pada malam hari. lalu pada pagi harinya bilas rambut anda dengan menggunakan shampo. cara mencegah rambut yang rontok dengan bawang merah tersebut sangat bermanfaat bagi anda yang mengalaminya.

5. Cara mencegah rambut rontok dengan teh hijau : Teh hijau (Green tea) banyak mengadung antioksidan yang sangat bermanfaat untuk melindungi rambut dari paparan polusi. Teh melati bermanfaat untuk menyejukkan kulit kepala serta menghilangkan lemak dan ketombe juga mengurangi rasa gatal pada kulit kepala. Cara memakainya : Cukup dengan menyeduh teh dengan menggunakan air panas, Kemudian endapkan selama semalaman. Air teh yang telah semalaman atau air teh yang telah basi tersebut Di Gosok-gosokkan ke kulit kepala, Dan lakukan sesaat sebelum keramas.

6. Cara mencegah rambut rontok dengan kemiri : Kemiri tersebut banyak dimanfaatkan untuk bumbu masak, Manfaat yang lain dari kemiri adalah dapat memperbaiki dan memperkuat rambut. Kandungan minyak dalam kemiri, sangat baik untuk akar rambut, Cara memakainya : Kemiri di tumbuk kasar, kemudian di sangrai, setelah selesai, Tumbuk hingga halus sampai mengeluarkan minyak, Lalu gunakan minyak kemiri untuk Creambath. Lakukan sebelum keramas, Kemudian bilas dengan air bersih, Setelah bersih, Baru pergunakan shampo untuk Keramas.

7. Cara mencegah rambut rontok dengan aplukat : Untuk rambut yang kering. Karena buah aplukat tersebut kaya akan asam lemak dan nutrisi. Cara memakainya : Hancurkan aplukat di dalam mangkuk, Lalu usapkan pada rambut, Mulai dari akar hingga ujung rambut, Kemudian biarkan selama 20-30 menit, Jika selesai 20-30 menit bersihkan rambut dengan menggunakan shampo dan bilas hingga bersih.

8. Cara mencegah rambut rontok dengan cuka apel : Kandungan alfha-hidroxy acids yang ada dalam cuka apel bermanfaat untuk membantu membersihkan bekas kotoran dan polusi yng menempel pada kulit kepala. dengan langkah seperti berikut ini, Ambil seperempat gelas air kemudian campur dengan setengah gelas cuka apel, Kemudian pergunakan campuran tersebut untuk membilas rambut anda pada saat keramas.

9. Cara mengatasi rambut rontok dengan menggunakan yoghurt : Anda bisa memakai yoghurt sebagai masker untuk rambut anda, Lakukan cara tersebut secara teratur setiap 2 minggu sekali. Cara ini sangat bermanfaat untuk menambah kilau rambut anda.

10. Cara mengatasi rambut rontok dengan jus alami : Anda bisa membuat jus alami dari bahan yang alami untuk membantu menyuburkan rambut anda. Seperti jus bawang putih, jus bawang merah, dan jus jahe. Cara memakainya : Hanya dengan menggosokkan kekulit kepala dan membiarkan semalaman. kemudian bilas dengan air bersih di keesokan harinya.

11. Cara mengatasi rambut rontok dengan buah semangka : Pada saat mengkomsumsi buah semangka, jangan di buang kulitnya, Kulit semangka juga bermanfaat untuk rambut. Ambil bagian kulit semangka lalu gosokkan pada kulit kepala, kemudian diamkan selama 20-30 menit biar meresap, Lebih baik lagi dibiarkan semalaman, dan keramas pada keesokan harinya.

12. Cara mengatasi rambut rontok dengan kacang hijau : Sediakan secangkir kacang hijau, lalu rendamkan semalaman, Setelah direndam semalaman, disaring dan diambil airya, Kemudian oleskan air saringan ke kulit kepala sambil Dipijit-pijit lembut. Lakukan minimal 3 kali seminggu.

Sekian terimakasih karena anda telah menyimak dan membaca artikel Cara (Tips) Terbaik Mengatasi Rambut Rontok Secara Alami Tersebut, semoga banyak manfaatnya untuk anda tentunya pengunjung saya http://sabdaalamnusantara.blogspot.com/2013/11/cara-tips-terbaik-mengatasi-rambut.html

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*