Gerakan Senam Irama

Uncategorized

Gerakan senam ritmik dalam bagian ini fokus pada gerakan dasar menggunakan alat senam ritmik seperti bola, simpai, pentung, tali, dan tali.

Berikut adalah contoh gerakan senam ritmik pada beberapa teknik yang telah diterapkan oleh atlet senam ritmik:

  1. Pesenam memasuki ring, menyiapkan alat dan bersiap untuk memimpin pada saat yang sama menggunakan alat untuk memulai gerakan pertama. Atlet membentuk atau tetap tak bergerak di satu tempat sampai iringan musik dimainkan. Ini adalah gerakan primer yang paling umum dilakukan oleh semua atlet senam ritmik.


2. Jika atlet berirama menggunakan perangkat berbentuk bola, misalnya, senam dapat memulai gerakan dengan pemain yang melemparkan bola pada ketinggian tertentu, lalu membungkus tubuhnya beberapa kali dengan posisi tangan kanan di atas, kepala lurus ke depan ke depan, dan meraih kepalanya ke kanan, Dan lurus ke atas. Bulat, kaki kiri ditekuk 180 derajat dengan lutut sejajar dengan pinggul, dan tumit membentuk posisi titik. Setelah berputar beberapa kali tanpa bergerak, bola akan jatuh dan dengan beberapa perhitungan bola akan jatuh ke tangan kanan yang berada pada posisi tinggi dengan telapak tangan kanan terbuka, siap menangkap bola.


3. Dengan alat berbentuk bola, atlet juga dapat melempar bola terlebih dahulu, lalu menggulung maju sebanyak bola jatuh, dan kemudian menahannya menggunakan, misalnya, satu tangan, tangannya, atau dengan dua kaki, posisi tubuh mengarah ke posisi lilin. .
Jika atlet berirama menggunakan alat pita, itu bisa menjadi saran.Otlet berputar dalam posisi seperti yang dijelaskan dalam poin 2 di atas, sementara salah satu tangannya memegang tongkat memutar strip untuk membentuk pola tertentu.


3. Senam dengan pita juga dapat digunakan dengan gerakan pita dengan tubuh terbelah diletakkan, atau berdiri dengan satu kaki, sementara kaki lainnya diangkat hingga 180 °.
Mirip dengan kaset, atlet yang menggunakan tali dapat melakukan gerakan yang sama dengan gerakan yang dibuat dengan alat kaset.
Dengan menggunakan alat senam ritmik berbentuk kerah, misalnya, pesenam dapat memutar kerah menggunakan satu kaki dengan posisi tubuh sehingga kedua tangan dan kaki terinsulasi ke tubuh, sementara kaki lainnya diangkat dan diputar.


4. Jika atlet berirama menggunakan tongkat kerajaan sebagai alat, misalnya, gerakan senam dapat dilakukan dengan melempar tongkat, kemudian membalik dengan segera dan setelah selesai berjungkir balik, kemudian melempar ke posisi yang rumit untuk mengambil tongkat menggunakan tangannya.
Gerakan-gerakan ini jelas merupakan bagian kecil dari ribuan jenis gerakan yang dilakukan oleh atlet berirama.

Gerakan-gerakan ini jelas merupakan bagian kecil dari ribuan jenis gerakan yang dilakukan oleh atlet berirama.

Contoh Senam Irama

Contoh berikut adalah deskripsi gerakan video senam ritmik yang dibuat oleh pesenam Rusia, Anna Bisonova dengan perangkat berbentuk pita di Kejuaraan Dunia 2008 di Benidorm.

  1. Posisi siap yang dibuat Anna adalah meletakkan tubuhnya dalam posisi berdiri, tangan kanan memegang selotip dalam posisi tegak, kepala melilitkan selotip dengan lingkaran, tangan kiri memegang selotip dan meninggalkan sisanya di lantai.
    Posisi tangan kanan, loop rekaman di kepala dan pita di tangan kiri adalah posisi paralel. Kedua kaki tegak, lurus, berjinjit seperti gerakan balerina. Anna Bisonova mulai bergerak setelah bermain musik.
  2. Gerakan pertama setelah memutar musik adalah memutar tangan kanannya untuk melepaskan cincin kepala di kepalanya, segera diikuti oleh putaran tubuh, juga didahului dengan gerakan melingkar dari tangan kanan, yang membantu menyiram kaki kanan ke kanan dan kaki kiri di kepala patung.

Selama gerakan-gerakan ini, Anna Pisonova berputar sebentar-sebentar dalam goresannya ketika tubuhnya berputar dengan satu kaki dan goresan itu bergerak dengan membentuk pola tertentu.

  1. Langkah lain oleh Anna Bessonova adalah membuat lingkaran besar dengan pita diikuti oleh beberapa gerakan roda untuk menggerakkan tubuhnya ke tengah cincin, dan kemudian mengambil beberapa langkah sambil melakukan putaran di sekitar kaki, dan cara mengikuti adalah: Angkat satu kaki ke atas dan turunkan ke depan Bergantian.

Pada margin gerakan, bilah terus berjalan di antara dimensi gerakan yang dibuat saat bergerak.

  1. Anna Bisonova juga menggunakan gerakan gulungan ketika dia melempar tongkat kaset ke arah depan dan mengejarnya dengan gerakan gulungan depan beberapa kali kemudian dia mengambilnya dan segera memindahkan kaset itu untuk membentuk pola-pola tertentu.

Keempat hal ini adalah contoh dari pemotongan gerakan senam ritmik dengan alat Tape.

Peralatan senam ritmik
Alat senam ritmik

Via pinterest.com

Menurut peraturan FIG, ada banyak alat yang digunakan untuk senam ritmik, yaitu bola, kaset, tali, pentungan, dan simpai.

Lalu bagaimana dengan detail ukuran, berat, dan bentuk alat ini? Berikut deskripsi lengkapnya:

  1. Bola
    Bola dalam senam ritmik berdiameter 18-20 cm. Bahan yang digunakan untuk membuat bola ini bisa berupa karet atau plastik dengan berat 400g.

Dalam senam ritmik, bola dapat dimainkan dengan meraih, melempar, atau berguling-guling di permukaan tubuh atau dengan bentuk lain asalkan bola tidak jatuh ke tanah selama koreografi.

  1. Kaset itu
    Batangan yang digunakan untuk kompetisi senam ritmik terbuat dari bahan kelas atas seperti kain satin yang diberi pegangan berupa tongkat pendek dengan panjang 35 cm dan diameter 1 cm.

Tongkat ini bisa terbuat dari kayu atau plastik dalam warna yang menyesuaikan warna selotip.

Sementara itu, panjang bar itu sendiri adalah 6 meter (untuk pesenam dewasa) dan 5 meter untuk pemain junior), dengan lebar 4-6 cm dan berat tidak kurang dari 35 gram.

Bilah ini dimainkan dengan mengayun, membuatnya berputar, melingkar, dll. Untuk menemani gerakan tubuh senam.

Saat menjalankan bilah ini, pesenam tidak diperbolehkan menjatuhkan tongkat (karena kesalahan teknis) atau membuat bilah kusut.

  1. Tali
    Tali yang digunakan untuk senam ritmik terdiri dari bahan yang halus dan nyaman untuk simpul senam, terbuat dari serat sintetis yang memberikan warna yang menarik sesuai dengan pakaian senam.

Panjang tali bervariasi dan disesuaikan dengan posisi tubuh pesenam, yaitu dengan bergerak di sekitar pusat tali, lalu keduanya berakhir di bahu pemain.

Tali ini dimainkan dengan berbagai cara seperti melompat, berayun ke lingkaran, dilemparkan, dll. Selama tali tidak terlepas dari tangan dan secara tidak sengaja jatuh ke tanah / di luar konsep ketika pesenam melakukan gerakan akrobatik.

  1. Tongkat kerajaan (klub)
    Tongkat dalam pertandingan senam ritmik mencapai 2 buah per pesenam.

Klub ini berbentuk seperti botol dengan leher panjang sebagai pegangan, terbuat dari poliolefin plastik, yang beratnya 150 gram dan panjangnya 40-50 cm.

Klub ini dimainkan dengan menggerakkan ritme dengan ayunan tubuh, dan dilemparkan hingga ditangkap lagi dan selama klub tidak jatuh ke tanah karena kesalahan teknis.

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*