Manfaat Lidah Buaya Untuk Kecantikan, Kesehatan, kulit, Wajah, Rambut

Manfaat

Lidah buaya adalah sejenis tumbuhan yang telah di kenal sejak ribuan tahun silam, Dan dipergunakan untuk penyubur, Seperti rambut, penyembuh luka, dan untuk perawatan kulit. Tumbuhan lidah buaya ini dapat di temukan dengan mudah di kawasan yang kering. Seiring dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, manfaat tanaman lidah buaya tersebut telah berkembang sebagai bahan beku industri farmasi dan kosmetika, Serta sebagai bahan makanan dan minuman untuk kesehatan.

Secara umum lidah buaya merupakan satu dari 10 jenis tanaman yang terlaris di dunia yang mempunyai potensi untuk di kembangkan sebagai tanaman obat dan bahan baku Industri. Berdasarkan hasil penelitian tanaman lidah buaya ini kaya akan kandungan Zat-zat seperti, enzim, asam amino, mineral, vitamin, polisakarida juga komponen lain yang sangat bermanfaat bagi kesehatan.

Manfaat Lidah Buaya Untuk Kecantikan, Kesehatan, kulit, Wajah, Rambut

Selain dari itu menurut Wahyono E dan kusnandar (2012) lidah buaya berkhasiat sebagai anti inflamasi, anti jamur, anti bakteri dan membantu proses regenerasi sel. Di samping menurunkan kadar gula dalam darah bagi si penderita diabetes, Mengontrol tekanan darah, menstimulasi kekebalan tubuh terhadap serangan penyakit kanker. Juga dapat dipergunakan sebagai nutrisi pendukung penyakit kanker. penderita (HIV/AIDS).

Salah satu zat yang terkandung dalam tumbuhan lidah buaya adalah (aloe emodin) sebuah senyawa organik dari golongan (antrokuinon) yang mengaktivasi jenjang sinyal insulin seperti pencerap insulin-beta dan substrat 1. fosfatidil inositol-3 kinase dan meningkatkan laju sintesis glikogen dengan menghambat glikogen sintase kinase 3beta sehingga sangat berguna untuk mengurangi rasio gula darah.

Manfaat Lidah Buaya Untuk Kecantikan, Kesehatan, kulit, Wajah, Rambut

Di Negara Amerika, Australia dan Eropa pada saat ini lidah buaya juga telah dimanfaatkan sebagai bahan beku industri makanan dan minuman kesehatan. Lidah buaya.Aloe vera mengandung semua jenis vitamin, Kecuali vitamin D. Mineral yang di perlukan untuk fungis enzim, saponin yang berfungsi sebagai anti mikroba dan 20 dari 22 jenis asam amino. Dalam pengguaan untuk perawatan kulit, Aloe vera dapat menghilangkan jerawat, melembabkan kulit, detoksifikasi kulit, penghapusan bekas luka, mengurangi peradangan serta perbaikan dan peremajaan kulit (kulit wajah). Dengan beragam manfaat yang terkandung dalam lidah buaya, Pemanfaatanya kurang optimal oleh masyarakat yang hanya memanfaatkanya sebagai penyubur rambut.

Manfaat Lidah Buaya Untuk Kulit Wajah

Sebagai tanaman non-toksin, Lidah buaya banyak di tanam sebagai tanaman hias juga tanaman obat tradisional. Berikut di bawah ini lima kegunaan dari lidah buaya untuk kulit wajah.

1. Mencerahkan Kulit : Lidah Buaya memiliki manfaat yang sangat menakjubkan untuk kulit wajah, hanya dengan mengoleskan sedikit gel lidah buaya, Anda bisa mencerahkan kulit wajah anda dengan sempurna. hal ini juga ampuh meringankan sengatan dari senar matahari. Juga mampu menyembuhkan lepuh akibat gigitan serangga (eczema etcetera).

2. Obat Untuk Jerawat : Tanaman lidah buaya memiliki sifat anti-inflamasi yang membantu menyembuhkan masalah jerawat, Apabila dioleskan pada kulit yang terkena jerawat. Lidah buaya dapat menyembuhkan bekas luka dan mengurangi kemerahan. Aloe vera juga bisa diaplikasikan secara langsung ke kulit melalui gel, krim dan lotion untuk menyembuhkan jerawat.

3. Masker Lidah Buaya Untuk Wajah Berminyak : Untuk perawatan kulit wajah yang berminyak, Lidah buaya dapat juga dijadikan sebagai masker wajah, Seperti berikut di bawah ini :

1. 1 Sendik makan masker lumpur.
2. 1 Sendok makan jus lidah buaya.
3. 1 Sendok makan tepung hazel.
4. Air secukupnya untuk membuat Bahan-bahan tersebut jadi pasta.
5. Tambahkan 1 tetes essential tea tree oil.
6. 1 tetes essential oil lavender.
7. 1 tetes essential oil peppermint.
8. Campurkan semua bahan, Oleskan dan diamkan selama 15 menit dan basuh dengan air hangat, Kemudian percikkan air dingin.

Manfaat Lidah Buaya Untuk Rambut

1. Melawan Rambut Yang Rontok : Lidah buaya banyak mengandung vitamin dan mineral yang efektif untuk mengobati rambut yang rontok. Campurkan ekstrak lidah buaya dengan sampo dan oleskan pada rambut anda.

2. Kondisioner Alami : Aloe vera adalah kondisioner rambut alami yang memiliki efek pendingin, Dan anda dapat memijat rambut dan kulit kepala dengan jus lidah buaya untuk mendapatkan hasil yang terbaik. Kemudian diamkan dan bilas dengan shampo.

3. Mencegah Kebotakan : Penipisan rambut membuat rambut menjadi rontok bahkan bisa jadi botak, Anda dapat meningkatkan pertumbuhan ranbut dengan mengoleskan gel atau jus lidah buaya pada kulit kepala anda dengan cara teratur. Dan biarkan 10 menit lalu bilas dengan shampo.

4. Pelembab Alami : Melembabkan rambut dan membuatnya jadi lebih mudah di tata, Gunakan gel atau jus lidah buaya sebagai bahan perawatan rambut anda. Oleskan gel atau jus lidah buaya pada rambut dan kulit kepala, Kemudian tunggu 15 hingga 15 menit lalu bilas dengan shampo.

5. Mengatasi Ketombe: Jika kulit kepala anda mengalami ketombe, Kulit kepala kering dan gatal, segera gunakan gel atau jus lidah buaya untuk mengobati ketombe anda secara alami. Oleskan ekstrak lidah buaya pada kulit kepala kemudian biarkan selama 40-60 menit untuk menyingkirkan ketombe tersebut.

Manfaat Lidah Buaya Untuk Kesehatan

1. Membantu Menyembuhkan Masalah Pencernaan : Jus lidah buaya ,membantu banyak dalam mendetoksifikasi dan meningkatkan pencernaan. Jus dan Aloe vera membantu dengan memerangi sembelit, sindrom iritasi usus, mulas dan iritasi saluran pencernaan lainya. Karena Aloe vera merupakan obat pencahar yang baik.

2. Membantu Meningkatkan Kekebalan Tunuh : Tanaman lidah buaya merupakan sumber yang kaya akan Vitamin, Seperti Vitamin A, B1, B2, B6, B12, C, E, Asam Folat, Dan Niacin. Jadi mengkomsumsi lidah buaya setiap hari mampu meningkatkan sistem pertahanan tunuh sehingga melindungi anda dari segala jenis stress oksidatif.

3. Membantu Mengendalikan Diabetes : Lidah buaya jika di komsumsi baik dalam bentuk jus maupun gel, Berfungsi sebagai obat tradisional untuk mengobati diabetes, Karena membatu dalam menjaga kadar gula darah. Begitu banyak manfaat tanaman lidah buaya tersebut, sudah sewajarnya kita memulai menanam tanaman lidah buaya tersebut pada pekarangan rumah kita, selain sebagai tanaman hias, Suatu saat dapat di pergunakan untuk obat tradisional.

Kandungan Nutrisi Lidah Buaya

  1. Kadar Air : (95%)
  2. Karbohidrat : (o.30)
  3. Kalori : (1.73 – 2.30)
  4. Lemak (g) : (0.05 – 0.09)
  5. Protein (g) : (0.01 – 0.06)
  6. Vitamin A : (2.00 – 4.60)
  7. Vitamin C : (0.50 – 4.20)
  8. Thiamin (mg) : (0.003 – 0.004)
  9. Riboflavin (mg) : (0.001 – 0.001)
  10. Niasin (mg) : (0.038 – 0.040)
  11. Kalsium (mg) : (9.920 – 19.920)
  12. Zat Besi (mg) : (0.060 – 0.320)

Sekian terimakasih karena anda telah menyimak dan membaca artikel Manfaat Lidah Buaya Untuk Kecantikan, Kesehatan, kulit Wajah, Rambut Tersebut, semoga banyak manfaatnya untuk anda tentunya pengunjung saya http://sabdaalamnusantara.blogspot.com/2013/10/manfaat-lidah-buaya-untuk-kecantikan.html

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*